Selasa, 19 Juni 2012

TUTORIAL SAI : LINE ART




Haluuuu xD
dah lama ku g ngepost tutorial di blog tercinta ini :* #slapp
wkwkwk, kali ini aku akan ngajarin kalian cara nge Line art yg baik~
dan setidaknya terlihat rapi =w=b

pertama" saya akan sedikit menjelaskn kegunaan beberapa tool di SAI






1. Pen :  kegunaan pen  untuk membuat line art, bagi pengguna mouse jarang yg make tool ini, soalnya susah untuk menggunakanya, kebanyak pengguna tabletlah yg pake tool pen ini
2. Eraser: dari artinya aja dah tau kan?? , eraser=penghapus xD, ahahah, kegunaannya untuk menghapus line art yg salah atau yg ingin kalian hapus
3. Weight : untuk menentukan tebal tipisnya garis, caranya tinggal klik aja kok lineart km, untuk nentukan ketebalan garis , tentuin aja di SIZE
4. Colour : untuk memberi warna pada line art km, caranya sama kayak weight, yaitu tinggal klik aja
5. Edit : pilihan-pilihan khusus yg di gunakan untuk merubah points pada garis (line) .di bagi menjadi beberapa tool  seperti ini :


1) Select/deselect : digunakan untuk  untuk menyeleksi points/titik

2) Translate CP
:  kegunanya untuk mengubah/menarik sebagian  line art sesuai apa yg kita inginkan
3)Delete CP/Curve: Menghapus garis dari titik satu ke titik lain.
4) deform stroke :  kegunanya untuk mengubah line art mu (agak susah jelasinya -_-")
5)Delete CP/Curve : digunakan untuk menghapus point pada line art
6)deformation Anchor on/of : ane g tau yg ini #slap eh =_="
7) Translate Stroke
: Menggerakkan atau menggeser keseluruhan garis (dari ujung line art hingga  ke ujung line art satunya)
8)stroke Dup/ Translate :
gunanya untuk membuat duplikat yg sama dgn line art yg ingin anda ganda kan
9)Combine Stroke : untuk mencombinsaikan antar line art , agak susah jelasin yg ini = ="
10)Delete Stroke: Menghapus garis dari garis pertama sampai akhir
11) Pointed/ Rounded: Untuk melancipkan juga bisa digunakan untuk mempertumpul sudut (klik satu kali untuk lancip,dan  dua kali untuk tumpul)

6. Pressure Tool: unutuk menipiskan/menebalkan line, caranya tinggal klik point nya, kemudian tarik , ke kiri untuk menipiskan, dan ke kanan untuk menebalkan
7. Select : untuk menndai garis
8. Deselect : untuk menhilangkan penandaan pd garis
9. Curve : untuk membuat line art dgn bebas #ehh
10. Line : untuk membuat garis secara lurus/kaku

ok, setelah dah tau kegunaan tool,  pasti kita bisa lebih mudah mengerti
nah ayo mulai tutornya xD

1 ) klik new layer/ gambar yg mau km warnai, kemudian klik new linework, pastikan line work selalu ad di atas dan semua layer ad di bawah linework





2. lalu klik curve



lalu mulai lah menebali gambar kamu ~
klo sudah selesai, mari kita mempercantik gambar kita dgn cara mengubah line art menjadi ada yg tebal dan tipis menggunakan pressure dan juga Weight, masih ingatkan?? , pressure ad dimana juga tau kan??, kegunaanya juga dah tau kan??, n cara makenya sudah aku jelasin?? xD , hehehe xD

ini dia gambar amatir saya yg sudah saya preassure and saya kasih weight ;p






kurang paham dengan tutorial yang saya berikan??
silahkan tinggalkan coment ^_^

GANBATTEEEEE xDDDD
kun jungi juga deviatArt saya http://kimizawa-chan.deviantart.com/
and add ava imvu saya, klo mau ngobrol pake imvu :) http://www.imvu.com/catalog/web_mypage.php?user=91761199
kalau ad yg kurang jelas, tanya aja di chat box punya ku yg ad gambar cewe gelindingin bola xD, tinggal klik~

ok SAYONARAAAA xDD















6 komentar:

  1. tolong post cara mewarnai dong.. aku payah nih soalny baru bljar.. >_< please help!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ada :D, tpi yg ini buat pumala yg baru make sai~

      http://kimizawavenus.blogspot.com/2011/10/tutorial-paint-tool-sai.html?showComment=1328795734517#c8489788303436242692

      silahkan di lihat :D

      Hapus
  2. tebal garisnya pake size brp ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ng, klo itu sih terserah keinginan mu aja
      asl bisa buat hati mu srek, dan terasa lebih enak di pandang, that's ok :3

      Hapus
  3. makasih udah berbagi... >.<

    BalasHapus
  4. hallo aku mau nanya nih... di kolom tools ku ga ada curve sama line, sudah dicari pake klik kanan juga ada. gmn ya biar ada? buat bikin layout komik sih hehehehe. thanks btw :D

    BalasHapus